Selamat Datang Di Web program Studi Sarjana Kebidanan dan Profesi Bidan Universitas Sari Mulia

PKM-RE “POTENSI DAUN HENNA UNTUK MENCEGAH RUAM PADA BAYI”

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui  Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) melakukan berbagai hal untuk menumbuh kembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia.

Lampiran Nomor : 2489/E2/KM.05.01/2022 Tanggal : 26 Mei 2022

Universitas Sari Mulia masuk 11 Judul yang LOLOS dalam PROGRAM PENDANAAN. Salah satu kelompok yang masuk dengan riset program pendanaan yaitu Skema PKM-RE yang berjudul

“POTENSI DAUN HENNA UNTUK MENCEGAH RUAM PADA BAYI”

Riset ini beranggota 4 orang yaitu Ketua Wahyuni Sri Rusdahyanti, dan beranggotakan Nurul Aulya, Rizka Ali Zuliannur, Natalie Rebecca Dano dan dengan 1 dosen pendamping Novalia Widiya Ningrum, SST.,M.Kes

Kami tim Riset mengambil tema ini dikarenakan ingin meningkatkan nilai guna daun henna dan juga ingin membuat inovasi pemanfaatan daun henna untuk mencegah atau mengurangi ruam pada bayi.

Daun henna (Lawsonia Inermis. L) merupakan tanaman yang dipercaya masyarakat sebagai ramuan pengobatan tradisional untuk penyembuhan luka. Pada riset ini kami melakukan proses pembuatan krim dari daun henna terlebih dahulu kemudian di evaluasi menggunakan 6 uji Krim, kemudian Ketika lolos dari uji krim, kami melakukan pengujian pada 15 Tikus yang diberikan Induksi karagenin 3% sebanyak 0,05 ml dengan membagi menjadi 3 kelompok perlakuan yaitu: Kelompok positif, negative, dan netral yang kemudian dilakukan evaluasi selama 6 jam untuk mengetahui proses penyembuhan ruam pada tikus. Setelah 6 jam pemantau, didapatkan hasil bahwa Daun henna berpotensi untuk mencegah atau mengurangi ruam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email
Instagram
Telegram
WhatsApp